Sabtu, 01 Maret 2014

Kemagnetan

A. Kutub Magnet
     Magnet merupakan benda (Logam) yang mempunyai kemampuan untuk menarik beberapa benda (Logam) lain, seperti besi dan baja.
        Benda yang dapat ditarik magnet ada yang dapat ditarik kuat, dan ada yang ditarik secara lemah. Oleh karena itu, benda dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
  1. Benda Feromagnetik adalah Benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. contohya : Besi, Nikel, Baja, dan Kobalt ( BeNiBaKo).
  2. Benda Paramagnetik adalah Benda yang ditarik lemah oleh magnet. contohnya : Platina dan Tembaga.
  3. Benda Diamagnetik adalah Benda yang ditolak oleh magnet dengan lemah. Contohnya : Timah, Emas, Aluminium, dan Bismuth.
         Ada 3 cara membuat magnet, yaitu : 
  1. Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
  2. Membuat Magnet dengan Cara Induksi
  3. Membuat Magnet dengan Cara Arus Listrik.
B. Elektromagnet
  1. Keuntungan Elektromagnet
  • Kemagnetannya dapat di ubah-ubah dari mulai yang kecil sampai yang besar dengan cara mengubah salah satu atau ketiga dari Kuat arus listrik, Jumlah lilitan dan ukuran inti besi.
  • Sifat kemagnetannya mudah di timbulkan dan dihilangkan dengan cara memutus dan menghubungkan arus listrik menggunakan sakelar.
  • Dapat dibuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki.
  • Letak kutubnya dapat diubah-ubah dengan cara mengubah arah arus listrik.
     

1 komentar:

  1. MGM Resorts to add slots to the Strip | DrmCDC
    Las Vegas 의왕 출장안마 (November 3, 여주 출장안마 2021) — MGM Resorts Resorts International says 목포 출장샵 it 영천 출장마사지 has agreed to add slots to the Strip after a 경상남도 출장마사지 major development

    BalasHapus